Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 4 Halaman 89, 96, 97, 98

Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 4 Halaman 89, 96, 97, 98 -Artikel ini berisikan tentang pembahasan mengenai buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 materi bab 4 yang berjudul Meliuk dan Menerjang.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia Kurikulum Merdeka.

Dalam Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Materi Bab 4 Halaman 86-101 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Artikel  ini sudah di sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban buku paket siswa pada mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 kurikulum merdeka.

Menirukan dan Melakukan

Bentuklah kelompok yang terdiri atas 4-5 anak.
1. Rancanglah sebuah tarian sederhana. Gerakan hewan bisa menjadi sumber inspirasi kalian. Kalian juga dapat mengolah gerakan biasa menjadi tarian. Contohnya gerakan memetik bunga/buah atau mencuci dan menjemur pakaian.
2. Setiap kelompok bergiliran maju ke depan untuk memperagakan satu gerakan tari.
3. Kelompok lain menebak gerakan yang dipraktikkan kelompok tersebut.
4. Kemudian, tirukan gerakannya bersama-sama.

 Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 86

Membaca

Bacalah teks berikut ini dengan saksama.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 87

 

Kuat untuk Melindungi
oleh Nurul Hidayati

Kak Puspita adalah seorang pesilat tangguh. Dia telah banyak meraih gelar juara di pertandingan tingkat nasional maupun provinsi. Berikut ini hasil wawancara saya dengannya.

Sewaktu Kak Puspita masih kecil, awalnya dia tidak tertarik ilmu bela diri. Suatu saat dia diganggu beberapa anak yang lebih besar. Dia berusaha melawan, tetapi tidak bisa karena masih kecil. Dia malah ditertawakan. Sejak itu dia memikirkan cara supaya bisa membela
dirinya sendiri.

Ketika masuk SMP, ada ekstrakurikuler pencak silat. Dia segera mendaftar. Ternyata belajar silat itu asyik dan seru. Kak Puspita kemudian bergabung di sebuah perguruan silat.

Awalnya Kak Puspita ingin menguasai silat supaya bisa melawan pengganggunya. Dia terpikir untuk suatu saat membalas perbuatan para pengganggunya. Namun, setelah mendalami silat, Kak Puspita jadi mengerti bahwa silat harusnya bukan untuk balas dendam. Silat justru untuk berteman dan melindungi.

Kata Kak Puspita, di dalam gerakan pencak silat terkandung banyak nilai luhur. Misalnya, dalam sikap pasang. Ada beberapasikap pasang, biasanya dilakukan dengan tangan dalam keadaan terbuka, bukan mengepal. Artinya, silat itu bukan untuk berkelahi atau menyakiti. Kalau ada yang menyerang, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah menghindar dan menangkis. Kalau dia masih menyerang, barulah kita patahkan gerakannya tanpa melukai.

Manfaat yang dirasakan Kak Puspita setelah menekuni pencak silat antara lain: tubuhnya menjadi lebih sehat dan bugar, lebih mudah berkonsentrasi, dapat banyak teman, serta menjadi orang yang lebih baik.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 88
Kak Puspita menjelaskan bahwa keberhasilannya dalam pertandingan-pertandingan adalah berkat disiplin dalam latihan. Kak Puspita mengatakan bahwa ini tidak hanya berlaku pada silat. Apa pun yang kita lakukan, kalau kita lakukan dengan tekun dan sungguhsungguh, pasti akan memberikan hasil yang baik.

Selanjutnya, Kak Puspita berharap bahwa anak-anak seusia saya belajar ilmu bela diri, terutama silat. Pencak silat adalah seni bela diri asli negara kita. Jadi, di samping mendapatkan banyak manfaat untuk diri sendiri, sekaligus juga melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Kunci Jawaban Bab 4 Meliuk dan Menerjang Kelas 4 Halaman 89

Berdiskusi

Diskusikan isi teks Laporan Wawancara “Kuat untuk Melindungi” pada halaman sebelumnya. Berbicaralah dengan suara yang jelas agar pembicaraan kalian dipahami dengan baik. Gunakan pertanyaanpertanyaan di bawah ini sebagai panduan.
1. Judul laporan di atas adalah “Kuat untuk Melindungi”.
Menurut kalian, apa makna yang ingin disampaikan penulis dengan judulnya ini?
2. Apakah kalian setuju bahwa ilmu bela diri bukan untuk berkelahi? Jelaskan jawaban kalian!
3. Apa ilmu bela diri yang ingin kalian pelajari? Mengapa?
4. Kira-kira, apa saja daftar pertanyaan yang diajukan Nurul?

Alternatif Jawaban :

1.  Makna yang ingin disampaikan penulis adalah dengan berlatih pencak silat tubuh akan menjadi kuat dan dapat digunakan untuk melindungi diri atau teman.
2.  Setuju, karena bela diri dapat digunakan untuk melindungi diri saat benar-benar dalam keadaan darurat bukan untuk mencari musuh. Bela diri juga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, lebih mudah berkonsentrasi, dapat banyak teman, serta menjadi orang yang lebih baik.
3.  Saya mempelajari pencak silat karena mendapatkan banyak manfaat seperti badan menjadi sehat, sekaligus juga melestarikan budaya bangsa Indonesia.
4.     -   Mengapa Kak Puspita tertarik mempelajari bela diri?
-    Kapan Kak Puspita bergabung ke perguruan silat?
-    Apa tujuan Kak Puspita mempelajari bela diri?
-    Apa saja nilai-nilai luhur dalam pencak silat?
-    Apa saja manfaat yang diperoleh Kak Puspita setelah mempelajari pencak silat?
-    Bagaimana cara Kak Puspita meraih keberhasilan dalam pertandingan pencak silat?
-    Apa harapan Kak Puspita terhadap anak sesuianya terhadap ilmu bela diri?

Dengan mendiskusikan isi teks Laporan Wawancara “Kuat untuk Melindungi”, kalian belajar untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi.

Bahas Bahasan

Wawancara adalah kegiatan tanya jawab antara dua orang atau lebih dengan tujuan mencari informasi tertentu. Pewawancara adalah orang yang mewawancarai (mengajukan pertanyaan). Narasumber adalah orang yang diwawancarai (menjawab pertanyaan).
Untuk dapat mewawancarai dengan baik, kalian harus berlatih.
Berikut ini hal-hal yang harus kalian perhatikan.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 90

 
Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 91

Menulis

Lakukan wawancara dengan orang di sekitar kalian yang ingin kalian ketahui pengalamannya. Kalian boleh menjadikan petugas pos, teman yang pernah memenangi lomba membaca puisi, atau seorang kakak yang jago berenang, sebagai narasumber.

Ikuti langkah-langkah persiapan wawancara. Persiapkan daftar pertanyaan seperti di bawah ini. Setelah kalian melakukan wawancara, tuliskanlah hasilnya berupa laporan wawancara.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 92

 
Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 93

Dalam kegiatan ini kalian belajar melakukan wawancara dan menuliskan laporannya.

Membaca

Bacalah dengan baik teks berikut ini, lalu ceritakan kembali dengan kalimat kalian sendiri.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 94

 Tepuk Bulu

Indonesia masih merajai dunia olahraga bulu tangkis. Pada setiap generasi, selalu ada pemain bulu tangkis Indonesia yang menorehkan prestasi. Dunia mengingat Indonesia pernah meraih sepasang medali emas di Olimpiade 1992.

Bulu tangkis, yang juga disebut badminton, termasuk olahraga populer di dunia. Bulu tangkis tumbuh dan berkembang pesat dari hari ke hari. Buktinya sekarang banyak negara yang menunjukkan peningkatan prestasi. Padahal sebelumnya, bulu tangkis didominasi oleh Tiongkok, Indonesia, Malaysia, Korea Selatan, dan Denmark.

Bulu tangkis sendiri adalah cabang olahraga yang berusia sangat lama. Dulunya, alat untuk bermain bulu tangkis menggunakan tongkat sederhana sebagai raketnya dan buntalan wol sebagai bolanya. Lamalama permainan bulu tangkis dikenal banyak orang. Tongkat pemukul
diganti raket yang lebih modern. Bola wol diganti bola dari bulu yang disebut kok. Tata cara memainkannya pun dirumuskan agar seragam. Olahraga tepuk bulu ini perlahan meniti tangga menjadi favorit dunia.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 95
Dalam pertandingan percobaan di Olimpiade Munich (Jerman) pada 1972, Indonesia mampu menyumbangkan dua medali emas melalui pemainnya, Rudi Hartono dan pasangan ganda putra Ade Chandra dan Christian Hadinata. Sejak itu, Indonesia makin bersemangat mengumpulkan berbagai medali kejuaraan dalam pertandingan badminton tingkat dunia. Total ada 19 medali yang terkumpul dari pesta olahraga terbesar dunia tersebut.

Teks oleh BE Priyanti

Bahas Bahasa

Majas Personifikasi

Majas adalah cara penyampaian melalui kiasan. Personifikasi artinya diumpamakan seperti manusia. Majas personifikasi adalah jenis kiasan yang mengumpamakan benda mati dapat bertingkah laku seperti manusia.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 96

Kunci Jawaban Bab 4 Meliuk dan Menerjang Kelas 4 Halaman 96

Kalimat yang menggunakan majas personifikasi
1. Badminton tumbuh dan berkembang pesat dari hari ke hari.
2. Olahraga tepuk bulu ini perlahan meniti tangga menjadi favorit dunia.
3. ....
4. ....
5. ....
6. ....

Alternatif Jawaban :
Kalimat yang menggunakan majas personifikasi dalam teks “Tepuk Bulu”:
1. Indonesia masih merajai dunia olahraga badminton.
2. Dunia mengingat Indonesia pernah meraih sepasang medali emas di Olimpiade 1992.
3. Bulu tangkis tumbuh dan berkembang pesat dari hari ke hari.
4. Olahraga tepuk bulu ini perlahan meniti tangga menjadi favorit dunia.
5. Sejak itu Indonesia makin bersemangat mengumpulkan berbagai medali kejuaraan dalam pertandingan bulu tangkis tingkat dunia.
6. Bulu tangkis sendiri adalah cabang olah raga yang berusia sangat lama.

Kunci Jawaban Bab 4 Meliuk dan Menerjang Kelas 4 Halaman 97

Latihan
Untuk kegiatan ini, kalian perlu bekerja berpasangan dengan teman.
1. Perhatikan benda-benda di sekitar kalian. Misalnya pensil, sepatu, sapu, pohon, daun, matahari, dan sebagainya.
2. Bayangkan benda itu dapat bertingkah laku seperti manusia. Sesuaikan dengan keadaannya saat ini. Misalnya kalian melihat teman kalian menulis dengan pensil. Pensil itu bergerak di atas kertas. Kalian bisa membuat sebuah kalimat majas personifikasinya: Pensil Dita menari-nari di atas kertas dan bercerita tentang liburan sekolah.
3. Kalian dapat menuliskan majas personifikasi yang sudah kalian temukan di selembar kertas, lalu buatlah hiasan dan gambar yang sesuai.
4. Tempelkan atau pasanglah karya kalian pada papan pajangan di kelas.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 97
Alternatif Jawaban :
gambar
1. Pensil Dita menari-nari di atas kertas dan bercerita tentang liburan sekolah.
2. Kupu-kupu menari indah di antara bunga.
3. Bunga-bunga mengangguk menyambut kehadiran sang surya.
4. Setiap pagi alarm handphone bernyanyi membangunkanku dari kesiangan
5. Matahari tersenyum manis menyapaku di pagi hari

Kunci Jawaban Bab 4 Meliuk dan Menerjang Kelas 4 Halaman 98

Menulis

Pengalaman Menonton Bulu Tangkis

Buatlah karangan sebanyak tiga paragraf tentang pengalaman menonton bulu tangkis. Tulislah di buku kalian. Jika kalian belum pernah menonton permainan bulu tangkis, kalian boleh menulis pengalaman menonton olahraga lain.
Untuk memandu kalian, jawablah pertanyaan dengan semua kata tanya: apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana.
Contohnya seperti di bawah ini.
1. Apa
Sebutkan kegiatan yang akan kalian ceritakan, yaitu pengalaman menonton bulu tangkis.
2. Siapa
Kalian dapat menjelaskan siapa pemainnya, pemenangnya, atau dengan siapa kalian menontonnya.
3. Di mana
Jelaskan tempat pertandingan dan tempat kalian menonton, misalnya di sekolah, di lapangan, atau di televisi.
4. Kapan
Jelaskan waktu kalian menonton permainan bulu tangkis tersebut.
5. Mengapa
Jelaskan dalam rangka apa kegiatan tersebut, misalnya pertandingan antarsekolah, lomba 17-an, kejuaraan dunia, atau latihan saja.
6.  Bagaimana
Kalian dapat menjelaskan jalannya permainan bulu tangkis tersebut, misalnya seru, menarik, atau malah menegangkan. Kalian juga dapat menceritakan perasaan kalian saat itu.

Ingatlah untuk memeriksa kalimat, ejaan, dan tanda baca dalam karangan sebelum kalian kumpulkan.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 99
Alternatif Jawaban :
Jawaban dapat disesuaikan dengan hasil karangan siswa, dibawah ini hanya contoh
(apa dan siapa)
Pengalaman saya nonton bulu tangkis langsung indonesia open adalah sekitar tahun 2022. Saya sangat bangga bisa mendukung bintang badminton Indonesia. Pertandingan kali ini mempertemukan Markus Finaldi Gideon/Kevin Snajaya Sukomulyo menghadapi Seung Jae Seo/Min Hyuk Kang dari Korea Selatan.

(di mana dan kapan)
Bertanding di Istora Senayan, Jakarta, ganda berjuluk The Minions kalah 2-0 dari wakil Korea Selatan Kang Min Hyuk/Eom Hye Won dengan skor 14-21, 12-21 dalam waktu 34 menit saja. Kekalahan ini memastikan 5 wakil Merah Putih sudah gugur pada hari ketiga Indonesia Open 2022. Pertandingan ini dilangsungkan pada hari Kamis tanggal 16 Juni 2022.

(mengapa dan bagaimana)
The minion kalah dari pasangan Korea Selatan karena pasangan Korea tersebut tampil sangat kompak. Marcus/Kevin sempat memulai pertandingan dengan cukup baik. Mereka sempat unggul 3-1 lebih dahulu. Usai turun minum, keadaan berubah. Pasangan Korea sukses bangkit. Mereka mampu memaksa Minions harus mengaku kekalahan gim pertama dengan skor 14-21.  Berlanjut ke gim kedua, Kang/Eom semakin tampil lebih baik. Serangan-serangan cepat Kang/Eom sukses membuat pasangan tuan rumah kewalahan.  Dengan sangat cepat, Kang/Eom menuntaskan gim kedua dengan kemenangan 12-21.

Jurnal Membaca

Bacalah buku, majalah, koran, artikel di internet, atau sumber lain yang menceritakan tentang tarian, bela diri, badminton, atau olahraga lain. Contoh buku yang dapat kalian baca:
• Ayo, Berlatih Silat!, karya Ahmad Fuadi dan Ella Elviana.
Buku ini dapat kalian baca di perpustakaan digital iPusnas atau
Literacy Cloud.
• Topeng Dadak Merak, karya Ruwi Meita dan Gery Adams.
Buku ini juga dapat kalian baca di Literacy Cloud.
• Ketika Gilang Ingin seperti Kak Sita, karya Aniek Widjaya dan
Melanie Sie. Buku ini juga dapat kalian baca di Literacy Cloud.

Kunci Jawaban B. Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 100
Kalian juga boleh membaca buku dengan tema lain yang kalian suka. Kalian bisa membacanya sebelum masuk sekolah, sepulang sekolah, atau di rumah. Jangan lupa untuk mengisi Jurnal Membaca untuk setiap buku atau bacaan lain yang kalian baca. Perhatikan pertanyaan yang harus kalian jawab untuk Jurnal Membaca kali ini.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 4 ( Meliuk dan Menerjang ) Halaman 89, 96, 97, 98 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Selamat belajar sekian dan terimakasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 4 Halaman 89, 96, 97, 98 "

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel